Jumat, 20 April 2018

Tanaman Adas Untuk Kesehatan


Adas merupakan suatu tanaman yang dikelompokan kedalam family Apiaceae yang mempunyai nama ilmiah Foeniculum Vulgare. Adas memang telah sejak lama dikenal baik dapat difungsikan untuk dijadikan sebagai bumbu dapur serta dijadikan sebagai tanaman obat. Selain itu, adas juga merupakan komponen dari kandungan minyak telon. Komponen untuk minyak telon tersebut dihasilkan adas dari proses penyulingan yang dilakukan pada biji adas. Tanaman adas sebenarnya berasal Laut Tengah bagian timur yaitu antara Italia sampai ke Suriah. Karena adas memiliki banyak manfaat yang menggiurkan. Maka tanaman adas sekarang banyak di budidayakan di beberapa belahan dunia yaitu negara di Indonesia, Jepang, Indian dan Argentina.

Baca Juga: 

OBAT MATA MINUS


Tanaman terna ini memiliki bau yang harum. Proses penyulingan sendir terhadap biji adas akan menghasilkan minyak yang pahit dan pula menghasilkan minyak yang manis. Dan kedua minyak tersebut tetap bisa digunakan sebagai bahan untuk pengobatan. Ada pula yang menjadikan minyak adas tersebut sebagai pengharum ramuan obat, memperbaiki rasa obat (Corrigentia saporis) dan juga di gunakan sebakai bumbu dari suatu masakan.

Baca Juga: 

OBAT KANKER KELENJAR GETAH BENING


Adas memiliki kandungan minyak asitri sekitar 6%, memiliki senyawa anetol sekitar 50-60%, sekitar 20% fenkon, dipenten, pinen, limonen, asam anisat metilchavikod, felandren anisaldehid serta minyak lemak sekitar 12%. Kandungan anetol lah yang menyebabkan tanaman adas memiliki bau yang harum dan khas. Sifat dan kegunaan adas sendiri adalah :
Mempunyai bau yang harum, biji adas dapat di gunakan sebagai aroma terapi. Yang memiliki rasa sedikit manis, pedas, dan hangat. Biji adas juga berkhasiat untuk menghilangkan dingin, meneyehatkan lambung, membantu meredakan rasa nyeri, meningkatkan nafsu makan, mengurangi gas di dalam tubuh, membantu menghilangkan dahak, membantu ibu yang menyusui untuk menghasilkan ASI yang banyak, membantu melancarkan siklus haid pada wanita, meredakan asma, menghancurkan batu ginjal, menghilangkan reumatik dan lainnya.

Baca Juga: 

OBAT MATA KATARAK


Belum lagi daunnya juga memiliki bau yang harum bak aroma terapi. Yang berkhasiat juga untuk mengatasi perut kembung, meredakan batuk, menghilangkan dahaga, membantu meningkatkan efek penglihatan.

Ternyata secara ilmiah adas bisa di jadikan sebagai tanaman herbal yang berguna untuk kesehatan masyarakat Indonesia.

Semoga beberapa penjelasan yang telah diuraian mengenai tanaman adas ini berguna bagi kita semua. Syukron J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar