Selasa, 14 November 2017

Benarkah Biji anggur baik Untuk Mata

walatra sehat mata - Generasi anak-anak harus dibujuk untuk memakan wortel mereka dengan janji bahwa sayuran itu bagus untuk penglihatan mereka. Kini penelitian baru telah menghasilkan kesepakatan yang jauh lebih manis, mengungkapkan bahwa memakan buah anggur itu baik untuk mata dan bisa mengurangi risiko menjadi buta di kemudian hari.

Benarkah Biji anggur baik Untuk Mata




Buah ini melindungi dari proses kimiawi yang dikenal sebagai stres oksidatif, yang melepaskan molekul berbahaya yang disebut radikal bebas ke dalam retina, studi tersebut menemukan. Anggur kaya akan antioksidan yang melindungi sel sehat dari kerusakan DNA dan diyakini senyawa ini berada di balik manfaat penglihatan.

Retina adalah bagian mata yang mengandung sel yang merespons cahaya, yang dikenal sebagai fotoreseptor. Penyakit degeneratif retina bisa menyebabkan kebutaan. Profesor Abigail Hackam, dari University of Miami di AS, yang melakukan penelitian tersebut, mengatakan: "Menambahkan anggur ke makanan benar-benar melindungi kesehatan retina dengan adanya stres oksidatif dalam penelitian ini."

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrition, menemukan bahwa buah anggur mampu mengatasi kerusakan akibat stres oksidatif dan melestarikan fungsi dan struktur retina dalam model laboratorium. Peningkatan stres oksidatif sangat terkait dengan penyakit retina dan telah banyak dipelajari dalam perkembangan degenerasi makula terkait usia dan kondisi mata lainnya.

Dalam penelitian tersebut, tikus diberi makan bubuk whole-dried whole grape powder - setara dengan sekitar tiga porsi sehari untuk manusia - diet dengan kadar gula yang sama, atau diet kontrol penelitian standar. Hasilnya menunjukkan bahwa baik struktur dan fungsi retina dipelihara dalam kelompok yang mengonsumsi makanan kaya anggur.

Tikus dalam kelompok ini mempertahankan ketebalan retina mereka, jumlah fotoreseptor dan jumlah aktivitas fotoreseptor, meskipun memiliki tekanan oksidatif tinggi. Pada pemakan non-anggur, retina rusak, menampilkan lubang dan lesi, dan ada penurunan ketebalan yang signifikan.

Ada juga pengurangan 40 persen pada fotoreseptor dan kehilangan aktivitas fotoreseptor yang signifikan.  Profesor Hackam berkata: "Hasil ini sangat menarik dan membangun bukti yang berkembang yang menunjukkan manfaat nyata untuk konsumsi anggur dan kesehatan mata."

Secara luas dikenali sebagai makanan super, anggur dikemas dengan vitamin C dan K dan betakaroten, yang membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas, produk sampingan dari penggunaan oksigen yang menyebabkan kerusakan sel.

Penelitian sebelumnya oleh para ilmuwan di University of Glasgow menemukan bahwa manfaat antioksidan dari minum jus anggur ungu juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan penyakit Alzheimer.Studi lain, oleh para ilmuwan di Washington State University, menemukan bahwa makan buah anggur dapat membantu mencegah penambahan berat badan.

Mereka mengandung senyawa yang disebut resveratrol - juga ditemukan pada blueberry, stroberi, raspberry dan apel - yang mengubah buruk, lemak putih dalam tubuh menjadi 'lemak krem' yang baik, yang membakar kalori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar